News

Polantas Menyapa”, Inovasi Ditlantas Polda Jatim Wujudkan Pelayanan Prima Menuju WBBM

Metro24, Surabaya – Untuk mewujudkan sosok Polisi Lalu Lintas (Polantas) yang Presisi (Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi) dan berkeadilan, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Timur terus melakukan inovasi pelayanan publik. Salah satu program unggulan yang kini menjadi sorotan positif masyarakat adalah “Polantas Menyapa”.

 

Program ini hadir sebagai bentuk pelayanan prima kepada masyarakat, khususnya bagi wajib pajak kendaraan bermotor. Melalui “Polantas Menyapa”, petugas secara langsung memberikan edukasi dan informasi terkini tentang tata cara pengurusan administrasi kendaraan bermotor. Tujuannya, agar masyarakat memahami setiap prosedur yang dilakukan di kantor Samsat dan terhindar dari praktik calo.

 

Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Timur, Kombes Pol Iwan Saktiadi, menjelaskan bahwa “Polantas Menyapa” bukan sekadar kegiatan sosialisasi, tetapi juga wujud nyata kehadiran Polantas yang humanis dan proaktif dalam melayani.

 

“Kami ingin masyarakat merasa mudah, nyaman, dan paham betul apa yang harus dilakukan saat mengurus kendaraan bermotor. Petugas kami hadir untuk menyapa, memberi informasi, dan membantu, bukan sekadar melayani secara administratif,” ujar Kombes Iwan saat ditemui di Surabaya, Selasa, (28/10/2025).

 

Menurutnya, hasil survei kepuasan masyarakat menunjukkan respon positif terhadap program ini. Banyak wajib pajak mengaku lebih memahami alur pengurusan kendaraan dan merasa terbantu dengan adanya petugas yang aktif memberikan penjelasan.

 

“Dari hasil survei internal, tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan meningkat signifikan. Ini membuktikan bahwa komunikasi langsung antara petugas dan wajib pajak sangat efektif meningkatkan kepercayaan publik,” tambahnya.

 

Program “Polantas Menyapa” juga menjadi salah satu langkah strategis Ditlantas Polda Jatim dalam mendukung pencapaian predikat WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani). Melalui pendekatan humanis ini, Ditlantas ingin memastikan bahwa setiap inovasi pelayanan berorientasi pada kepentingan dan kenyamanan masyarakat.

 

“Kami ingin birokrasi di lingkungan Polantas menjadi lebih bersih, transparan, dan melayani. Itu sebabnya program seperti ‘Polantas Menyapa’ akan terus kami kembangkan dan evaluasi agar manfaatnya semakin dirasakan masyarakat,” pungkas Kombes Iwan.

 

Dengan pendekatan yang ramah dan informatif, “Polantas Menyapa” bukan hanya meningkatkan kualitas pelayanan publik, tetapi juga memperkuat citra Polantas sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat yang sejati.(Redho)

This post was published on 29/10/2025 12:09 pm

Admin Metro24

Recent Posts

Tim Psikologi Polda Metro Jaya Dampingi Keluarga dan Guru Korban Ledakan SMAN 72

Metro24, Jakarta - Tim Psikologi Biro SDM Polda Metro Jaya turun langsung memberikan pendampingan psikologis kepada keluarga korban dan guru…

2 jam ago

Aksi Empati “POLWAN JAGA JAKARTA” Dan Polres Metro, Usai Ledakan di SMAN 72 Kelapa Gading

Metro24, Jakarta Pusat - Sejumlah "Polwan Jaga Jakarta" Polres Metro Jakarta Pusat menunjukkan aksi kemanusiaan dengan melayani masyarakat di Posko…

2 jam ago

Diduga Oknum Pimpinan Pengadilan Negeri Jakarta Barat Langgar Aturan Perlindungan Data Pribadi

Metro24, Jakarta - Sebuah unggahan di media sosial Facebook yang dihimpun oleh awak media online menyoroti dugaan pelanggaran aturan perlindungan…

2 jam ago

Polwan Jaga Jakarta” Dan Polres Metro,Hadir Temani Korban SMAN 72 di RS Pertamina

Metro24, Jakarta Pusat - Wujud kepedulian kembali ditunjukkan jajaran Polres Metro Jakarta Pusat melalui program “Polwan Jaga Jakarta”. Sejumlah Polwan…

2 jam ago

Surabaya Hari Ke-5 : Merayakan Hari Pahlawan Sekaligus WS Rendra

Surabaya – Satu Jalan Perjuangan : Merayakan Hari Pahlawan sekaligus merayakan WS. Rendra menjadi tema pagelaran “Surabaya Hari Ini” ke-5…

2 jam ago

Warga Sambongrejo Bojonegoro Sedih, Sertifikat Tanah Miliknya Sudah Terbit di BPN, Tapi Tak Pernah Diterima

Metro24, BOJONEGORO – Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang semestinya menjadi solusi bagi warga untuk memperoleh kepastian hukum atas…

3 jam ago